orang tertua didunia meninggal

Besse Copper, Orang Tertua di Dunia Wafat AP Besse Cooper saat merayakan ulang tahun ke-116.
ATLANTA, KOMPAS.com - Seorang perempuan Amerika Serikat yang dianggap sebagai orang tertua di dunia, Besse Cooper meninggal dunia dalam usia 116 tahun.

Putra Besse, Sidney Cooper mengatakan ibunya meninggal dunia dengan tenang di sebuah panti jompo dengan kota Atlanta, Georgia. Besse, kata putranya, sudah lama menderita sakit pada perutnya.

Besse, mantan guru kelahiran Tennessee itu pada Selasa (4/12/2012) pagi masih sempat mendapatkan perawatan rambut dan menonton sebuah video Natal. Lalu kemudian dia mengalami sesak napas. Pihak panti kemudian memberinya bantuan dengan oksigen, namuna Besse meninggal dunia beberapa saat sesudahnya.

"Dengan ramput yang baru saja dirawat, nampaknya dia memang sudah siap untuk pergi," kata Cooper yang menambahkan pemakaman ibunya itu akan dilakukan pekan ini.

Pada Januari 2011, Rekor Dunia Guinness mengakui Besse sebagai orang tertua di dunia. Lalu pada bulan Mei, Guinness menemukan seorang perempuan Brasil yang lebih tua 48 hari dari Besse. Namun, Maria Gomes Valentin -perempuan Brasil itu- meninggal dunia pada bulan Juni.

Setelah Besse meninggal dunia, Guinness mengatakan kini rekor orang tertua di dunia menjadi milik Dina Manfredini asal Iowa, AS yang kini berusia 115 tahun.

Rekor orang tertua sejauh ini masih dipegang Jeanne Calmet asal Perancis yang meninggal dunia pada 1997 dalam usia 127 tahun.

No comments:

Post a Comment